Rabu, 14 September 2016

Feeling safe when you're literally not safe (Secuity Theatre)



Assalamualaikum Reader

Kembali lagi di tulisan gue. Kali ini gue mau bahas soal Security Theatre. Pasti Lo semua belum tau kan apa itu security theatre? .nah dari hasil browsing Gue Security Theatre adalah sebuah ilusi keamanan dimana kita membuat masyarakat merasa aman di dalam kondisi yang sebenarnya tidak terlalu aman. Contohnya kaya orang tua lo dirumah membangun pagar agar terjaga dan memperaman keadaan rumah. Dan setelah pagar itu terbangun lo sekeluarga akan merasa aman. Padahal nih kalo lo semua ambil logika dari sudut pandang maling .Mudah aja untuk dia jebol itu pager gampang dan banyak cara untuk masuk ke dalam rumah lo tanpa harus ngebuka pager yang kekunci

Selain itu kalo dari hasil browsing gue di internet , Amerika juga mengadaptasi security theatre ini untuk beberapa pengamanan di negaranya. Contohnya adalah pengamanan ketat di bandara yang mebuat beberapa penumpang akan merasa dirinya dijamin pemerintah dan merasa karena penjagaan yang ketat maka kondisi bandara akan aman. Begitupula dengan Sistem administrasi yang diatur dengan sistem online yang terjaga dengan pin dan kode keamanan. Tapi justru sebenarnya dapat mengakses informasi dari rakyatnya .

Dan Dari beberapa artikel yang gue baca, Gue dapat ngambil sedikit nilai dari security theatre. Jadi kalo menurut gue nih, Security Theatre dapat mengurangi rasa panik warga masyarakat terhadap ancaman kejahatan yang membuat penanganan kasus menjadi lebih mudah jika korban tidak panik dahulu. Pokoknya  positifnya Security theatre ini bisa mempercepat gerak aparat untuk melakukan evakuasi jika tiba-tba ada kejadian kriminal atau sebagainya.

Kalo dari segi negatifnya menurut gue adalah aparat negara dapat mengendalikan dan membuat pola fikir yang salah terhadap masyarakat. Kaya Pager yang lo bangun dirumah lo membuat orang-orang yang ada di dalamnya merasa aman itu juga salah satu hal yang konyol. intinya security theatre ini dari sudut pandang gue dapat mengurangi kewaspadaan kita untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar gitu bre.

Mungkin itu aja bre yang mau gue sampein di postingan kali ini. Dan gue dapat tarik kesimpulan bahwa Security theatre adalah ilusi keamanan yang dibuat untuk merubah pola pikir masyarakat menjadi lebih tenang terhadap ancaman walau sebenarnya kita harus tetap waspada sih bre. Demikian tulisan gue. At last but not least, Enjoy Reading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksara indah teman sepi kala jemari dan hati tertaut jadi satu dan tertuang dalam satu wadah