Selasa, 12 Juli 2016

apakah disabilitas harus terbatas?




Assalamualaikum reader

Apa kabar nih semuanya??  Semoga baik baik aja ya. Sebelumnya gue mau nanya Apa sih itu disabilitas. Kenapa orang sering membeda bedakan disabilitas. Bukannya disabilitas juga manusia biasa ya??. Malah setau gue kayaknya mereka aka. Lebih hebat dari kita deh. But first gue akan nunjukin definisi otentik apasih sebenernya Disabilitas itu

"Difabel atau disabilitas adalah istilah yang meliputi gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi"

Nah itu dia guys definisi dari disabilitas. Tapi dari definisi tadi gue jadi kepikiran satu hal. Hal yang gue pikirin adalah fakta dilapangan berkata hampir 99 % orang didunia memberikan empati dan iba dan menganggap disabilitas sebagai jenis makhluk yang berbeda dari manusia yang sempurna akal maupun fisiknya. Dan mirisnya itu sering kita liat sendiri di kehidupan nyata kita. Kenapa harus begitu ?? Kenpa mereka tidak bisa dimanusiakn selayaknya manusia. Well, I know they need special treatment but lt us think what about with their future??  About their passion and maybe love. Can they have it? Kenyataannya masih banyak orang yang geberpikiran begitu. Gue rasa mereka sebenernya ga perlu u tuk dihargai atau diberi iba. Sekedar hidup bersama dan menghargai haknya. Gue lebih setuju jika mereka bisa dianggap normal dan dimanusiakan secara utuh.

Trus bukan berarti gue membolehkan juga untuk adanya pembiaran atas bully terhadap kaum disabilitas. Iya gue emang ga setuju tapi jangan lah kita menganggap mereka lemah karena itu sama sekali gabener . Karena kalo dipkirkn lebih dlam lagi sebenernya mereka itu terlahirkan dengan kondisi yang lebih beruntung dari kita. Mereka dengan kondisi yang memiliki kekurangan baik dari fisik dan mental memang karena tuhan tahu mereka bisa maka secara logika mereka lebih beruntumg dan lebih baik dari kita

Nah begitulah guys opini gue tentang disabilitas. Entah kenapa gue sedikit terganggu dengan iba dan kasihan terhadap kaum disabilitas. Dan nyatanya salah satu temen gue di sekolah itu bksa dibilang memiliki perbedaan dengan kita tapi sebenernya gabisa dilang disabilitas sih. Menurut dia sih dia berharap bisa jadi normal dan dianggap sama. So guys, the conclusion is they dont need your attention they just want to be noticed and existed. Mereka cuma ingin dimanusiakan guys

Oke guys sekian opini gue mengenai Disabilitas yang terbatas. Mohon maaf kalo di postingan ini menyinggung beberapa pihak. Kalo lo punya cerita tentang pembatasan kemampuan kaum disabilitas, silahkan tulis di kolom komen. At last but not least enjoy reading !

Sumuhun Reader

Penyair gila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksara indah teman sepi kala jemari dan hati tertaut jadi satu dan tertuang dalam satu wadah