Minggu, 10 Juli 2016

Kurikulum membunuh keberagaman??

Assalamualaikum Reader



Halo apa kabar semuanya?? Semoga kita semua baikbaik saja. Hari ini gue , penyair gila ingin memberikan opini gue mengenai Kurikulum indonesia yang gue rasa akan membunuh keberagaman.  Kenapa gue mengatakan seperti itu? Karena gue seorang pelajar gue merasakan sendiri bagaimana siswa dipaksakan untuk menguasai seluruh mata pelajaran yang ada. Ini justru mengerdilkan bakat yang sudah tumbuh di diri manusia sejak lahir. Karena sejujurnya setiap murid disekolah pasti punya passionnya masing masing. Mungkin ini opini yang terus terusan orang bicarakan. Tapi ini nyatanya memang problema yang cukup besar menghantui sebagian besar siswa indonesia. 

Siswa indonesia terutama SMA mulai merasa kebingungan dalam memilih karir dan cita cita di masa depan atau bahkan jurusan di perkuliahan karena selama ini disajikan materi seabrek abrek dari berbagai mata pelajaran. Dan bukan berarti kita harus tau satu ilmu aja. Gak gitu. Tapi buatlah setidaknya  Generasi muda dapat fasilitas dan saluran untuk mempersiapkan karir yang sesuai dengan passionnya.

Karena menurut hasil tanya - tanya gue dengan beberapa saudara saat kumpul keluarga waktu lebaran banyak juga dari mereka yang merasakan hal yang sama dan malah mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Dan setelah gue renungkan lagi ini kurikulum indonesia kok kayak apa yang dibilang einstein ya. Albert Einsten pernah bilang :

"  Everybody is a genius but if you judge a fish by its ability to 
climb a tree it will live its whole life believing that it is stupid "


Nah ini yang gue alami selama ini dan mungkin banyak pelajar diluar sana. Apakah emang bapak semua ingin menciptakan tenaga manusia yang seragam??.  Its not cool lah pak. We are not your robot. We have a passion dan punya hak untuk berkarya.  Jadi jangan batasin lah dan seakan akan mengkerdilkan kemampuan generasi penerus bangsa

Karena gue gamau cuman ngeluh doang di postingan Kali ini. Gue juga punya angan angan akan kurikulum yang gue idam idamkan. Gue tau pekerjaan bapak bapak di kementrian pendidikan itu berat. Tapi semoga bisa mendengar celotehan gue ya hehehe. Gue bermimpi indonesia dapat menerapkan sistem talent developing. Yang bener bener sepenuhnya fokus terhadap pengembangan bakat lahiriah dan passion individu. Jadi mungkin bentuk pendidikannya adalah berbasis akademi dan sekolah kejuruan gitu. Jadi kalo kaya gini gaada lagi alesan gasuka sama pelajarannya.


Namun gue juga ga menutup mata kalo masih banyak yang harus dibenahi dari pemuda hingga siap di taraf ini. Pemuda indonesia harus mulai bisa memikirkan bangsanya dan emang fokus untuk. Erkarya dan berusaha terbaik setiap step dalam hidupnya. Yang terlebih lagi adalah komitmen yang dibutuhkan pemuda untuk meraih mimpinya yang emang udah sesuai passionnya


Yak guys, Segitu aja opini Gue tentang Kurikulum Indonesia. I hope someone important in this country will read my post sometimes and now about our problem. Harapan gue semoga kedepannya semakin banyak orang yang !ulai berpikir sama dan pendidikan indonesia jadi lebih baik. At last but not least. Enjoy reading!


Sumuhun reader


Penyair gila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksara indah teman sepi kala jemari dan hati tertaut jadi satu dan tertuang dalam satu wadah